STANDAR KOMPETENSI LULUSAN, STANDAR ISI DAN STANDAR KOMPETENSI DASAR
UNTUK
PENDIDIKAN DASAR ( SMP DAN MTs )
PENDIDIKAN KEALWASHLIYAHAN
A. Latar Belakang
Al Jam’iyatul Washliyah merupakan organisasi Islam yang didirikan oleh para Ulama dan tokoh Mujahid yang dipelopori moleh pelajar Maktab Islamiyah Tapanuli yang semata-mata untuk menegakkan dan membesarkan panji-panji Islam di Tanah Air tercinta ini. Oleh karenanya warisan budaya para ulama ini perlu dicontoh dan dilestarikan oleh para generasi muda untuk menjadi pegangan dalam menjalankan hidup dan kehidupannya.
Pendidikan Kealwashliyahan dimaksudkan untuk peningkatkan potensi wawasan pengetahuan dalam upaya membentuk peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertqwa kepada Allah SWT serta memiliki akhlaqul karimah. Akhlaqul karimah mencakup etika, budi pekerti dan moral sebagai perwujudan dari pendidikan Kealwashliyahan tersebut. Sementara peningkatan potensi wawasan pengetahuan mencakup pemahaman, pengamalan dan penanaman nilai-nilai agama dan pengamalan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan secara pribadi maupun secara bersama-sama dalam kemasyarakatan.
Visi Pendidikan Kealwashliyah merupakan wahana pendidikan yang sistematis dan bertaraf nasional dengan pola ilmiah dan dapat mengembangkan serta menyediakan sumber daya manusia yang sadar terhadap IPTEK dan mempunyai jiwa Islami serta peduli terhadap fenomena sosial hendaklah menjadi sumber inspirasi dalam mewujudkan pendiddikan Al Washliyah yang berkualitas. Tuntutan dari visi ini mendorong dikembangkannya Standar Kompetensi Lulusan menjadi kompetensi inti dan kompetensi dasar sesuai dengan jenjang pendidikan yang sesuai dengan tingkatannya ditandai dengan ciri-ciri :
- Menitik beratkan pencapaian kompetensi secara utuh selain dari penguasaan materi.
- Mengakomodasikan keragaman kebutuhan dan sumber daya pendidikan yang tersedia.
- Memberikan kebebasan yang lebih luas kepada para pendidik untuk mengembangkan strategi dan program pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan ketesediaan sumber daya pendidikan.
Pendidikan Kealwashliyahan diharapkan menghasilkan manusia yang beriman, bertaqwa dan berakhlaq mulia, serta aktif dan terampil serta berpengetahuan luas dan dalam untuk membangun peradaban bangsa yang berkarakter. Dengan demimikan, hasil pendidikan Kealwashliyahan diharapkan dapat membentuk siswa yang memiliki ketangguhan untuk menghadapi tantangan dan hambatan dalam kehidupan dunia zaman berzaman
B. Tujuan
Pendidikan Kealwashliyahan baik sebagai mata pelajaran pokok atau pilihan lintas minat di jenjang Pendidikan Dasar adalah untuk mengembangkan minat peserta didik terhadap disiplin ilmu organisasi atau ketrampilan tertentu dalam berorganisasi yang bertujuan :
- Menumbuhkembangkan semangat cinta kepada organisasi Al Washliyah melalui pengamalan ajaran agama Islam secara kaffah, pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, memupuk rasa persaudaran sesama manusia sehingga menjadi sosok muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaanya kepada Allah SWT.
- Mewujudkan manusia Indonesia yang taat beragama dan memiliki akhlaqul karimah, berpengetahuan luas dan dalam, cerdas dan tangkas dalam berjuang menuntut kebahagian dunia dan akhirat.
C. Ruang Lingkup
Ruang lingkup pendidikan Kealwahliyahan pada Jenjang Pendidikan Dasar (SMP/M.Ts) meliputi tentang :
- Keorganisasian
- Sejarah
- Panca Amal
- Ketrampilan Dakwah
- Ketrampilan Baca Tulis Al Qur’an
- Nilai-nilai Budi Pekerti
- Cinta kepada organisasi
Pendidikan Kealwashliyahan menekankan keseimbangan, keselarasan dan keserasian antara hubungan manusia dengan Allah SWT (hablun minallah) dan hubungan manusia dengan sesama manusia (hablun minannas) dan hubungan manusia dengan alam sekitarnya (hablun minal makhluq).
D. Target Pencapaian
Secara spesifik pelajar Al Washliyah pada jenjang SMP/M.Ts memiliki standar minimal yang tertuang di dalam Standar Kompetensi Lulusan (SKL), yaitu :
- Mengamalkan ajaran Agama Islam sesuai dengan tahap perkembangan remaja
- Memahami tentang simbol, lambang, lagu, dasar, tujuan san struktur organisasi Al Washliyah.
- Memahami makna sejarah, perjuangan para pendiri dan penerus Al jam’iyatul Washliyah dan Amal Ittifaq Organisasi.
- Mematuhi segala bentuk aturan yang dikeluarkan oleh organisasi Al Washliyah.
- Mengaktualisasikan peran pelajar Al Washliyah dalam berorganisasi
- Memiliki ketrampilan dasar dalam bermusyawarah.
- Menunjukkan kemampuan berperilaku dalam berbuat baik sesama manusia.
- Memiliki keterampilan dasar dakwah Islam
- Memiliki kemampuan baca dan tulis Al qur’an
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL) TKT SMP/MTS
ASPEK
|
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
|
SIKAP
|
Memiliki prilaku yang mencerminkan sikap orang beriman, berakhlak mulia, berilmu, percaya diri dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri dalam cerminan bangsa dalam pergaulan sekolah dan lingkungannya.
|
PENGETAHUAN
|
Memiliki pengetahuan faktual, koseptual, prosedural, berdasarkan keingin tahuan dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya dengan wawasan kemanusiaan , kebangsaan, kenegaraan,dan peradaban terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
|
KETERAMPILAN
|
Memiliki kemampuan berpikir dalam ranah abstrak dan kongret sebagai pengembangan diri yang dipelajari di sekolah dengan sumber lain yang sama menurut pandangan teori.
|
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
PENDIDIKAN KEALWASHLIYAHAN
PENDIDIKAN DASAR (SMP/MTS)
KELAS VII
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. menghayati dan mengamalkan ajaran agama Islam
|
1.1. Menghayati dan mengamalkan ajaran Islam
|
2. Menghargai, menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, gotong royong, kerjasama, toleran, damai, santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaualan dan keberadaannya.,
|
2.1 Memiliki motivasi internal, kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa percaya diri, dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi berpikir dalam memilih dan menerapkan strategi menyelesaikan masalah
2.2. Mampu mentransformasi diri dalam berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, kritis dan disiplin dalam melakukan tugas Kealwashliyahan.
2.3. Menunjukkan sikap berrtanggung jawab, rasa ingin tahu, jujur dan berperilaku peduli lingkungan.
|
3. Memahami pengetahuan faktual, konseptual prosedural, berdasarkan ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
|
3.1 Mengenal Al Washliyah sebagai salah satu bentuk organisasi (Independensi)
3.2 Memahami tentang arti Al Jam’iyatul Washliyah sebagai ormas Islam.
3.3. Memahami latar belakang sejarah berdirinya Organisasi Al Washliyah
3.4. Memahami tentang sifat, aqidah dan asas organisasi Al Washliyah
3.5. Memahami tujuan dan usaha-usaha yang dilakukan oleh organisasi Al Washliyah
3.6. Memiliki pemahaman sejarah berdirinya Al Washliyah
3.7. Memiliki pemahaman sejarah perkembangan Al Washliyah masa lalu.
3.8. Memiliki pemahaman tentang sejarah priodesasi perkembangan Al Washliyah.
3.9. Mengenal dan memahami tentang keteladanan para ulama dan tokoh pendiri Al Washliyah.
|
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji alam ranah kongret(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam pandangan sudut teori.
|
4.1. Mengaktualisasikan sifat, aqidah dan asas organisasi Al Washliyah dalam kehidupan sehari-hari.
4.2. Mampu menyusun program kegiatan usaha Al Washliyah untuk kepentingan organisasi.
4.3. Menyusun sejarah ringkas berdirinya Al Washliyah .
4.4. Menyajikan sejarah dan perkembangan Al Washliyah dari masa ke masa
4.5. Mengaktualisasikan keteladanan para ulama dan tokoh Al Washliyah dalam kehidupan sehari hari..
|
KELAS VIII
KOMPETENSI I NTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. menghayati dan mengamalkan ajaran agama Islam
|
1.1. Menghayati dan mengamalkan ajaran Islam
|
2. Mengahargai, menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, gotong royong, kerjasama, toleran, damai, santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif denagan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaualan dan keberadaannya.,
|
2.1 Memiliki motivasi internal, kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa percaya diri, dan sikap toleransi dalam per bedaan strategi berpikir dalam memilih dan menerapkan strategi menyelesaikan masalah
2.2. Mampu mentransformasi diri dalam berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, kritis dan disiplin dalam melakukan tugas Kealwashliyahan.
2.3. Menun jukkan sikap berrtanggung jawab, rasa ingin tahu, jujur dan berperilaku peduli lingkungan.
|
3. Memahami pengetahuan faktual, konseptual prosedural, berdasarkan ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
|
3.1. Memahami tentang struktur organisasi Al Washliyah dari tingkat Pengurus Besar sampai Pimpinan Ranting..
3.2. Memahami tingkat kepengurusan dalam organisasi Al Washliyah
3.3. Memahami bentuk organisasi bagian Al Jam’iyatul Washliyah
3.4. Memahami peran majelis-majelis di dalam organisasi Al Washliyah.
3.5. Mendiskripsikan pengertian Sibghah, Wijhah dan Khittah Al Washliyah.
3.6. Memahami Fungsi, hak dan kewajiban pelajar Al Washliyah
3.7. Memahami Kedudukan Ikatan Pelajar Al Washliyah (IPA) sebagai organisasi bagi para pelajar
3.8. Memahami makna pentingnya rasa persaudaraan sesama muslim.
3.9. Menjelaskan makna cinta pada organisasi Al Washliyah
3.10. Mengenal bendera, lambang, simbol dan lagu-lagu Al Washliyah.
|
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji alam ranah kongret(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam pandangan sudut teori.
|
4.1. Mengidentifikasikan kedudukan organisasi Al Washliyah sebagai organisasi yang bersifat nasional
4.2. Mengaktualisakan sibghah, wijhah dan khittah Al Washliyah dalam kehidupan sehari-hari
4.3. Mensosialisakan diri untuk ikut dalam organisasi Ikatan Pelajar Al Washliyah (IPA).
4.4. Mensosialisakan diri dalam menanamkan persaudaraan dengan sesama mukmin.
4.5. Membiasakan diri untuk cinta pada organisasi Al Washliyah
4.6. Memperaktikkan kemampuan untuk menggambar bendera, lambang atau simbol organisasi Al Washliyah.
4.7. Membiasakan diri untuk menyanyikan lagu-lagu Al Washliyah.
|
KELAS IX
KOMPETENSI I NTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. menghayati dan mengamalkan ajaran agama Islam
|
1.1. Menghayati dan mengamalkan ajaran Islam
|
2. Mengahargai, menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, gotong royong, kerjasama, toleran, damai, santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif denagan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaualan dan keberadaannya.,
|
2.1 Memiliki motivasi internal, kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa percaya diri, dan sikap toleransi dalam per bedaan strategi berpikir dalam memilih dan menerapkan strategi menyelesaikan masalah
2.2. Mampu mentransformasi diri dalam berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, kritis dan disiplin dalam melakukan tugas Kealwashliyahan.
2.3. Menunjukkan sikap berrtanggung jawab, rasa ingin tahu, jujur dan berperilaku peduli lingkungan.
|
3. Memahami pengetahuan faktual, konseptual prosedural, berdasarkan ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
|
3.1. Menjelaskan pentingnya musyawarah dalam suatu organisasi.
3.2. Memahami fungsi Muktamar dalam organisasi Al Washliyah.
3.3. Memahami fungsi Musyawarah di luar muktamar dalam organisasi Al Washliyah.
3.4. Mengenal Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah tangga Al Washliyah.
3.5. Menjelaskan pentingnya untuk senantiasa berbuat baik kepada orang lain.
3.6. Menjelaskan adab dalam berpakaian, berhias dan bertamu dalam kehidupan sehari-hari.
3.7 Menejelaskan tentang prilaku untuk senantiasa bejihad di jalan Allah.
3.8, Menjelaskan tentang pentingnta prilaku untuk berbuat amar makruf dan nahi munkar tengah-tengah kehidupan
bermasyarakat.
3.9 Menghafal ayat ayat pendek dalam Al Qur’an.
3.10. Memiliki kemampuan dasar tentang cara berdakwah.
|
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji alam ranah kongret(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam pandangan sudut teori.
|
4.1. Membiasakan diri pentingnya sikap melakukan musyawarah dalam berorganisasi..
4.2. Mengidentifikasikan hubungan Muktamar dalam organisasi Al Washliyah dengan organisasi lainnya.
4.3. Menyajikan Isi Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah tangga Al Washliyah.
4.4. Membiasakan diri untuk senantiasa berbuat baik kepada orang lain.
4.5. Mempraktikkan adab dalam berpakaian, berhias dan bertamu dalam kehidupan sehari-hari.
4.6 Mempraktikkan prilaku untuk senantiasa bejihad di jalan Allah.
4.7, Mempraktikkan prilaku untuk berbuat amar makruf dan nahi munkar dalam kehidupan sehari-hari.
4.8. Membiasakan diri membaca hafalan ayat-ayat pendek dari Al Qur’an.
4.9. Membiasakan diri dalam melakukan praktik dakwah.
|
Medan, 10 Mei 2014
Tim Penyusun Standar Kurikulum Pendidikan Kealwashliyahan
Tingkat Pendidikan Dasar dan Menengah
Prof. Dr. H. Ahmad Laut Hasibuan, M.Pd
Drs. Husni Thamrin, M.PdI
Drs, Syahrul AR El hadidhy, M.Si
Drs.Hasbullah Hadi, SH, M.Kn
Dr. H. Abdul Hadi, MA